Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem intelijen pemasaran


Sistem intelijen pemasaran - Sistem catatan intelijen memberikan data hasil , tetapi sitem intelijen pemasaran memberikan data saat ini (happenings), Sistem intelijen pemasaran adalah kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan manejer untuk mendapatkan informasi harian tentang bagaimana perkembangan dalam lingkup pemasaran. Manajer pemasaran mengumpulkan intelijen pemasaran dengan membaca buku,surat kabar ,dan publikasi dagang seperti : berbicaradengan pelanggan , pemasok, dan distributor; mengamati “meadia sosial” di internet melalui kelompok diskusi online , daftar dengan email dan blog, dan melakukan pertemuan demgan manajer perusahan lainnya.

Sebuah perusahaan dapat mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kualitasa intelijen pemasarannya.

1.       Melatih dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan baru. Perusahaan harus “menjual” tenaga penjualannya berdasarkan arti penting mereka sebagai pengumpul intelijen.  Graceperformance Chemical merupakan salh satu divisi  W.R Graceyang memasok bahan zat kimia untuk industri konstruksi dan kemasan. Wiraniaga Grace diperintahkan untuk mengamati cara inovasi pelanggan dalam memakai produknya agardapat memberikan usulan kemungkinana produk baru . Sebagai contoh, beberapa pelanggan menggunakan bahan kedap air Grace untuk membuat mobil serta sepatu bot dan tenda kedap suara. Tujuh ide produk barumuncul, dan nilai penjualan nya jutaan dolar.

2.       Memomtivasi distributor, pengecer,dan perantaraan lain untuk menyampaikan inteljen yang penting. Banyak perusahaan mempekerjakan spesialis untuk mengumpulkan intelijen pemasaran. Penyediaan layanan dan pengecer sering mengirimkan pembelanjaan misterius ke toko-toko mereka untuk menilai kebersihan fsilitas, kualitas produk, dengan carakaryawan memperlakukan pelanggan.

3.       Memebentuk jaringan eksternal. Perusahaan dapat membeli produk pesaing, menghadiri open house dan pameran dagang; membaca laporan terbitan pesaing:menghadiri rapat pesaing saham ; berbicaradengan karyawan , penyalur, distributor, pemasokdan agen pengiriman; mengumpulkan iklan pesaing dan mencari cerita baru tentang pesaing .

4.      Membentuk panel penasihat pelanggan. Anggota dapat meliputi perwakilan pelanggan atau pelangganan terbesar perusahaan atau sebagian besar pelangggan yang jujur dan canggih. Banyak sekolah bisnis mempunyai panel penasehat yang terdiri dari para alumni dan perekrut yang memeberikan umpan balik pada kurikulum.

5.      Memanfaat kan sumberdaya dat pemerintahan. Sensus AS tahun 2000 memberikan tinjauan mendalam terhadp perpindahaan populasi kelompok demografi, migrasi regional dan perubahan struktur kekeluarga dari281.421.906 orang. Bermitra dengan perusahaan penyedia daftar yang menyediakan telepon pelanggan dan informasi alamat, Claritas dapat membantu perusahaan memilih dan membeli daftar surat-surat kelompok tertentu.

6.     Membeli informasi dari pemasok luar. Pemasok dat terkenal meliputi A.C Neilsen Company dan Informations Resource Inc. Perusahaan riset inni mengumpulkan data panel konsumen dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan bila mereka mengelola datanya sendiri. Biz360 mempunyai database khusus yang memberikan laporan dari 7000 sumber dalam jangkau dan sifat cakupan media cetak,siaran,dan online , termasuk Blog dan papan pesan yang diterima perusahan.

7.     Menggunakan sistem umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelijen kompetitif. Dewa peninjauan pelangan, forum diskusi, ruang chatting, dan blog dapat mendistribusi kan penilaian produk atau pemasok .

Post a Comment for "Sistem intelijen pemasaran"