Sistem intelijen pemasaran
Sistem intelijen pemasaran - Sistem catatan intelijen memberikan data hasil , tetapi
sitem intelijen pemasaran memberikan data saat ini (happenings), Sistem
intelijen pemasaran adalah kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan
manejer untuk mendapatkan informasi harian tentang bagaimana perkembangan dalam
lingkup pemasaran. Manajer pemasaran mengumpulkan intelijen pemasaran dengan
membaca buku,surat kabar ,dan publikasi dagang seperti : berbicaradengan
pelanggan , pemasok, dan distributor; mengamati “meadia sosial” di internet
melalui kelompok diskusi online , daftar dengan email dan blog, dan melakukan
pertemuan demgan manajer perusahan lainnya.
Sebuah perusahaan dapat mengambil beberapa langkah untuk
meningkatkan kualitasa intelijen pemasarannya.
1.
Melatih dan memotivasi tenaga penjualan untuk
menemukan dan melaporkan perkembangan baru. Perusahaan harus “menjual” tenaga
penjualannya berdasarkan arti penting mereka sebagai pengumpul intelijen. Graceperformance Chemical merupakan salh satu
divisi W.R Graceyang memasok bahan zat
kimia untuk industri konstruksi dan kemasan. Wiraniaga Grace diperintahkan
untuk mengamati cara inovasi pelanggan dalam memakai produknya agardapat
memberikan usulan kemungkinana produk baru . Sebagai contoh, beberapa pelanggan
menggunakan bahan kedap air Grace untuk membuat mobil serta sepatu bot dan
tenda kedap suara. Tujuh ide produk barumuncul, dan nilai penjualan nya jutaan
dolar.
2.
Memomtivasi distributor, pengecer,dan
perantaraan lain untuk menyampaikan inteljen yang penting. Banyak perusahaan
mempekerjakan spesialis untuk mengumpulkan intelijen pemasaran. Penyediaan
layanan dan pengecer sering mengirimkan pembelanjaan misterius ke toko-toko
mereka untuk menilai kebersihan fsilitas, kualitas produk, dengan carakaryawan
memperlakukan pelanggan.
3.
Memebentuk jaringan eksternal. Perusahaan dapat
membeli produk pesaing, menghadiri open house dan pameran dagang; membaca
laporan terbitan pesaing:menghadiri rapat pesaing saham ; berbicaradengan
karyawan , penyalur, distributor, pemasokdan agen pengiriman; mengumpulkan
iklan pesaing dan mencari cerita baru tentang pesaing .
4. Membentuk panel penasihat pelanggan. Anggota
dapat meliputi perwakilan pelanggan atau pelangganan terbesar perusahaan atau
sebagian besar pelangggan yang jujur dan canggih. Banyak sekolah bisnis
mempunyai panel penasehat yang terdiri dari para alumni dan perekrut yang
memeberikan umpan balik pada kurikulum.
5. Memanfaat kan sumberdaya dat pemerintahan.
Sensus AS tahun 2000 memberikan tinjauan mendalam terhadp perpindahaan populasi
kelompok demografi, migrasi regional dan perubahan struktur kekeluarga
dari281.421.906 orang. Bermitra dengan perusahaan penyedia daftar yang
menyediakan telepon pelanggan dan informasi alamat, Claritas dapat membantu
perusahaan memilih dan membeli daftar surat-surat kelompok tertentu.
6. Membeli informasi dari pemasok luar. Pemasok dat
terkenal meliputi A.C Neilsen Company dan Informations Resource Inc. Perusahaan
riset inni mengumpulkan data panel konsumen dengan biaya yang jauh lebih rendah
dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan bila mereka
mengelola datanya sendiri. Biz360 mempunyai database khusus yang memberikan
laporan dari 7000 sumber dalam jangkau dan sifat cakupan media cetak,siaran,dan
online , termasuk Blog dan papan pesan yang diterima perusahan.
7. Menggunakan sistem umpan balik pelanggan online
untuk mengumpulkan intelijen kompetitif. Dewa peninjauan pelangan, forum
diskusi, ruang chatting, dan blog dapat mendistribusi kan penilaian produk atau
pemasok .
Post a Comment for "Sistem intelijen pemasaran"